Lompat ke konten

Menengok Kreasi Jasa Katering Bento dan Nasi Kotak

Selama setengah abad terakhir, banyak dari kita tidak tahu dan tidak peduli untuk tahu bagaimana atau di mana makanan kita diproduksi. Bagi banyak orang, makanan datang dari toko kelontong atau restoran, bukan dari tanah. Tingginya permintaan makanan yang berasal dari luar rumah mendorong jasa catering di Surabaya melakukan penjualan secara besar-besaran pada produknya. Usaha dalam melakukan penjualan secara besar-besaran sendiri juga didasari atas fakta bahwa dunia kuliner tidak memiliki harga mati apabila dalam menjalankan bisnis mengutamakan inovasi sebagai strategi bisnis. 

Apabila tidak membawa perspektif baru dalam upaya inovasi, akan mengalami kesulitan membawa ide-ide baru ke kehidupan. Bagaimana membuat koneksi baru antara pemikiran dan ide yang terkait dan tidak terkait adalah fondasi untuk inovasi dan tidak ada koneksi baru dapat dibuat tanpa informasi atau stimulus baru. Tidak hanya penting memiliki informasi baru. Dari mana informasi baru ini berasal dapat sama pentingnya. Itu bisa datang dari mana saja, tetapi seringkali ketika kita melihat di area yang tidak terduga kita dapat menemukan harta karun informasi dan inspirasi yang dapat membantu menguatkan pernyataan tujuan, ide, dan iterasi.

Perlunya melakukan inovasi berkaitan dengan cara bertahan hidup, pelaku bisnis harus selalu mencari sumber-sumber stimulus baru yang akan menciptakan landasan bagi inovasi besar berikutnya. Satu tempat hebat dan tak terduga untuk mencari inspirasi adalah dunia kuliner. Cara menuju hati inovator bisa melalui perut. Oleh sebab itu, saat ini banyak pelaku jasa catering yang melakukan inovasi besar-besaran pada produk makanannya. Inovasi tersebut dapat terlihat dari adanya produk yang dikemas secara modern dan diperkenalkan pada masyarakat luas. 

Produk yang dikemas secara modern tersebut tentu diadopsi dari berbagai budaya yang ada di luar. Apabila selama ini masyarakat Surabaya lebih sering mengenal nasi kotak surabaya sebagai kemasan khas dari produk catering rumahan saat ini sudah banyak produk paket bento yang dikemas dengan unik namun tidak melupakan unsur selera lidah masakan nusantara. 

Artinya meskipun memiliki kemasan yang sedikit unik dan memiliki perbedaan yang mendasar jasa catering nasi kotak Surabaya masih memasukkan menu-menu andalan yang digemari oleh lidah nusantara. Bento dan nasi kotak memiliki perbedaan pada segi menu yang dihadirkan hingga kemasan yang digunakan. Apabila nasi kotak sering dikemas kedalam wadah berbahan kardus tipis putih, bento dikemas kedalam wadah berbentuk mika atau wadah plastic dengan sekat dan tutup transparan. 

Umumnya bento dikemas kedalam kotak berwarna dengan memiliki sekat diantaranya. Sekat-sekat tersebut memisahkan antara lauk, sayuran hingga nasi didalamnya. Kemudian bento dihias dengan menggunakan olahan sayuran hingga lauk seperti olahan mie. Tata cara menghias bento sendiri lebih ditujukan agar anak-anak mudah tertarik pada makananya. 

Bento Surabaya yang ditujukan pada anak-anak biasanya menggunakan nasi kuning dengan menggunakan cetakan unik berbentuk karakter kartun dengan sosis dan olahan ayam sebagai pelengkap. Namun, saat ini juga ada beberapa penjual nasi bento yang tidak melakukan penghiasan melainkan menggunakan menu khas bento sebagai ciri khasnya. 

‚ÄčAdapun menu bento yang paling dikenal berisi salad sayur dengan mayo, olahan ikan, olahan udang, olahan ayam hingga olahan daging yang ditumis dengan wangi, selain itu biasanya dimasukkan sup tahu dengan kaldu dan irisan daun bawang yang mampu menambah selera makan. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *